Rabu, 25 Maret 2009

Makalah Teknologi Informasi

Makalah Teknologi Informasi
Peluang bisnis internet dalam hal ini “Google”

Antonio Bani-Lolik Carceres
Mahasiswa PPs. MM, Universitas Kristen Satya Wacana

A. Latar Belakang
Google merupakan perusahaan publik dan menguntungkan yang berfokus pada layanan penelusuran. Diberi nama sesuai istilah matematika "googol", Google mengoperasikan situs web di berbagai domain internasional, dengan lalu lintas paling padat dialami oleh www.google.com. Google secara luas dikenal sebagai "mesin telusur terbaik di dunia” karena cepat, akurat dan mudah digunakan. Perusahaan juga melayani klien korporat, termasuk pengiklan, penerbit konten dan manajer situs dengan layanan periklanan yang sesuai anggaran dengan jangkauan luas untuk layanan penelusuran yang menghasilkan pemasukan. Teknologi terobosan Google dan inovasi yang berkelanjutan dilaksanakan demi misi perusahaan yaitu "mengatur informasi dunia dan membuatnya agar dapat diakses dan berguna secara universal".
Sebagai langkah pertama dalam memenuhi misi tersebut, para pendiri Google, Larry Page and Sergey Brin mengembangkan pendekatan baru untuk penelusuran online yang mulanya dikembangkan pada kamar asrama mereka di Standford University dan menyebar bagai kilat di kalangan pencari informasi di seluruh dunia. Saat ini Google dikenal luas di sebagai mesin telusur terbesar di seluruh dunia -- layanan gratis nan mudah digunakan yang biasanya mengembalikan hasil penelusuran yang relevan dalam sepersekian detik.
Saat Anda mengunjungi www.google.com atau salah satu dari lusinan domain Google lainnya, banyak informasi yang dapat diperoleh di sana dalam berbagai bahasa, antara lain: info saham, peta, dan kepala berita; mencari isi buku telepon kota manapun di Amerika Serikat; menelusuri miliaran gambar dan mengubek-ubek arsip terbesar pesan-pesan Usenet di dunia -- ada 1 miliar pesan sejak 1981.
Kami juga menyediakan cara untuk mengakses semua informasi ini tanpa perlu membuka beranda Google. Google Toolbar memungkinkan Anda menjalankan penelusuran Google dari web manapun. Dan saat Anda jauh dari PC, Google dapat digunakan dari sejumlah platform nirkabel termasuk telepon berbasis WAP atau i-mode.
Kegunaan dan kemudahan Google digunakan, menjadikannya salah satu merek yang dikenal dari mulut ke mulut oleh mereka yang puas dengan layanannya. Sebagai bisnis, Google memperoleh pendapatan dengan menyediakan cara untuk beriklan online yang isinya relevan dengan informasi yang disajikan di laman apapun--untuk pengiklan dengan biaya yang efektif dan terukur. Ini berarti iklan yang disajikan sesuai bagi Anda dan menguntungkan si pengiklan. Kami percaya Anda wajib tahu bila ada iklan di depan mata Anda, karena itu iklan selalu dibedakan dari hasil penelusuran ataupun konten lain pada suatu laman. Kami tidak menjual penempatan pada hasil penelusuran itu sendiri, atau memperbolehkan siapapun untuk membayar lebih hanya demi peringkat yang lebih tinggi.
Ribuan pengiklan menggunakan program Google AdWords kami untuk mempromosikan produk dan layanan di web dengan iklan bertarget, dan kami percaya AdWords merupakan program terbesar di antara yang sejenis. Selain itu, ribuan pengelola situs memanfaatkan program Google AdSense dari kami untuk menyajikan iklan yang relevan dengan isi situs mereka, menambah pendapatan, dan meningkatkan kenyamanan bagi pengguna.
Untuk memahami Google lebih jauh, klik salah satu tautan topik yang menarik perhatian Anda di kiri. Atau ketik apa yang ingin Anda temukan pada kotak telusur dan tekan Enter. Setelah selesai, Anda akan memahami mengapa yang lain berkata, "Google adalah produk Web yang paling bisa disebut sebagai mesin jawab mumpuni".
Apakah Google itu?
"Googol" merupakan istilah matematika untuk sebuah angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol. Istilah tersebut diciptakan oleh Milton Sirotta, keponakan dari ahli matematika Amerika Edward Kasner, dan dipopulerkan di dalam buku, "Mathematics and the Imagination" karya Kasner dan James Newman. Penggunaan istilah Google mencerminkan misi perusahaan untuk mengorganisasi informasi di web yang berukuran sangat besar.
B. Revenue Model/Sumber Pendapatannya

Meski dunia diwarnai dengan krisis ekonomi, perusahaan mesin pencari (search engine) terkemuka dunia, Google meraih pendapatan cukup signifikan sebesar 30% di tahun 2008 ini.
Menurut Kepala Eksekutif Google Eric Schmidt di konferensi telepon dengan para analis dan media di San Fransisco, AS, hari Kamis (17 April 2008), keuntungan bersih Google melonjak hingga 30% dalam tiga bulan pertama tahun ini. Pihaknya merasa senang dengan kenaikan yang terjadi ditengah terjadinya krisis ekonomi di AS.
Google berhasil mencapai pertumbuhan pendapatan melampaui perkiraan para analis di Wall Street pada kuartal pertama tahun ini. Pencapaian ini mengejutkan para analis, didorong oleh tekanan agresif dari luar AS. Hasil ini menghilangkan kekhawatiran terhadap menurunnya pendapatan perusahaan iklan online ini. Harga saham Google naik lebih dari 17% menjadi US$ 526 per saham beberapa jam setelah perdagangan.
Pendapatan kotor Google naik menjadi US$ 5,19 miliar pada kuartal ini dan keuntungan bersih sama dengan US$ 4,12 per saham, dibanding dengan US$ 3,18 per saham pada periode yang sama tahun lalu.
Penghasilan dari sumber utama Google yaitu click on online ads, naik 20% pada kuartal tersebut. Google adalah mesin pencetak uang. Performa ini mengindikasikan bahwa pasar iklan internet itu - yang diharapkan bisa menghasilkan US$ 44 miliar di seluruh dunia tahun ini - masih tetap kuat, terutama di luar AS.
Didukung oleh mesin pencari populernya, Google telah mengembangkan jaringan iklan internet paling menguntungkan. Meskipun pada kuartal pertama ini Google menunjukkan tanda-tanda baik.
Namun sejumlah analis dan investor masih berhati-hati karena kebanyakan pendapatan mereka datang dari bisnis-bisnis kecil dan sedang. Sumber pendapatan ini dikhawatirkan tidak mampu mengekang pengeluaran mereka jika enonomi memburuk.
c. Keunikan Google
Sekali menelusur di Google, kentara sekali perbedaan antara Google dengan pesaingnya, ada empat, yaitu: komprehensif, relevan, kecepatan, dan kemudahan pemakaian. Setelah www.google.com atau URL internasional lainnya untuk Google dimasukkan, beranda Google akan muncul seketika. Desain situs yang bersih membuat segalanya jelas, kapan dan ke mana pengguna harus melanjutkan karena tak ada hal-hal yang biasanya mengganggu tampilan hasil penelusuran tak ada. Hasil penelusuran benar-benar dipisahkan dari iklan, yang dilabeli sebagai "pesan sponsor".

Kecepatan penyajian hasil penelusuran mencengangkan lagi.Kami memeriksa miliaran laman web untuk menemukan mana yang paling relevan untuk setiap kueri dan menyajikan hasil temuan tersebut kurang dari setengah detik.
Walaupun penelusuran dasar Google menjawab sebagian besar pertanyaan, segala sesuatunya bisa disesuaikan dari bahasa pengantar di antarmuka hingga format laman hasil penelusuran. Anda dapat menelusuri gambar, berbagai jenis berkas, laman dalam bahasa Ceska atau Turki, arsip berita, buku, dokumen paten, nomor telepon, info jadwal terbang atau peta dan arah menyetir - dan itu cuma sebagian. Dengan menggunakan laman preferensi, Anda dapat pula memilih jumlah hasil penelusuran yang disajikan dan menyaring konten dewasa.
D. Kompetitornya
Dominasi Google di segmen pencarian online seakan tak tergoyahkan. Namun benarkah Google bertindak curang demi menjaga kekuasaannya? Menurut sebuah situs kecil yang menggugat Google ke pengadilan, Google dituduh memanipulasi sistem iklan secara tidak fair untuk merontokkan kompetitor.
Adalah TradeComet.com yang mengoperasikannya situs pencarian bisnis SourceTool.com yang menggugat Google. Google dituding melonjakkan tarif iklan setelah menyadari bahwa Tradecomet adalah pesaing potensialnya.
Adalah TradeComet.com yang mengoperasikan situs pencarian bisnis SourceTool.com yang menggugat Google. Google dituding melonjakkan tarif iklan setelah menyadari bahwa Tradecomet adalah pesaing potensialnya.
Dijelaskan oleh TradeComet bahwa pada awalnya mereka beriklan di Google untuk meningkatkan trafik situs. Trafik mereka memang akhirnya melonjak pesat dengan 600.000 kunjungan per hari.
Namun tiba-tiba sesudah kenaikan trafik tersebut, tarif iklan dinaikkan oleh Google secara drastis sampai 10.000 persen. Dikutip detikINET dari New York Times, Rabu (18/2/2009), inilah yang menyebabkan TradeComet meluncurkan gugatan hukum pada google.

TradeComet juga mengatakan Google menjalin persetujuan anti kompetisi dengan situs Business.com yang adalah rival TradeComet. Google dinilai menawarkan ongkos iklan yang lebih rendah pada Business.com.
Pihak Google menyatakan belum meneliti tuduhan itu secara detail. Juru bicara Google, Andrew Pederson mengemukakan bahwa Google amat kompetitif dan para pengiklan punya banyak pilihan. Adapun Ben Hana, Vice President Bussiness.com juga membantah punya relasi khusus dengan Google.
E. Bagaimana Google vs Yahoo
Mirip dengan teknologi yang dibuatnya, Google juga tak mengikuti cara-cara konvensional saat merancang bisnisnya. Perusahaan didirikan dengan investasi awal para investor baik hati serta dua perusahaan pemodal ventura yang saling bersaing untuk membiayai ekuitas ronde pertamanya. Di antara hiruk-pikuk meledaknya industri dotcom di mana para pesaing menghabiskan jutaan dolar untuk kampanye pemasaran dalam rangka "membangun citra merek", Google malah berfokus untuk membuat mesin telusur yang lebih baik.
Berita mulut ke mulut menyebar bagaikan kilat dari mereka yang puas ke yang lain. Dengan teknologi penelusuran canggih dan volume kunjungan (kami sebut lalu lintas) ke situs Google.com, para manajer Google mengenali peluang awal untuk menghasilkan pemasukan: layanan penelusuran dan periklanan.


f. Acuannya.

1. Selain itu juga dilaksanakan puluhan seminar yang dilakukan secara paralel. Info lengkapnya bisa dilihat di http://www.ei-forum.or.id
2. Selain itu juga dilaksanakan puluhan pembahasan tentang teknologi informasi. Info lengkapnya bisa dilihat di http://www.google.co.id
3. Selain itu juga dilaksanakan puluhan artikel tentang teknologi informasi. Info lengkapnya bisa dilihat di http://www.asmakmalaikat.com/go/artikel/
4. Selain itu juga dilaksanakan puluhan papers seminar nasional. tentang teknologi informasi. Info lengkapnya bisa dilihat di http://gtoup.google.co.id
5. Selain itu juga dilaksanakan puluhan makalah tentang teknologi informasi. Info lengkapnya bisa dilihat di http://bank-ilmu.blokspot.com
6. Google adalah produk Web yang paling bisa disebut sebagai mesin jawab mumpuni http://www.Google AdWords

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar